Ullen Sentalu

Salah satu museum terbaik di Indonesia yang pernah gue kunjungin. Ullen Sentalu memang salah satu museum yang punya standar di atas rata-rata dibanding museum-museum yang ada di Indonesia. Gue sendiri ke museum ini bareng sohib gue Monda dan ceweknya (pada waktu itu), Meitha. Kami mampir ke sini setelah menghadiri nikahan sohib kami, Arie yang dapet wong Yojo, Wita. Di sini emang harga tiketnya agak mahal, cuma menurut gue worth enough, karena elo bakal didampingi guide, mau sendiri atau kelompok udah pasti bakal didampingi guide. Lo juga bakal dapet suguhan minuman rempah-rempah otentik aseli Jogja. Ya dengan itu semua plus pengalaman liat koleksi di sana, rasanya gak rugi kalian berkunjung ke museum satu ini.


Note: Maaf klo fotonya nyampah (ada gue semua), semua itu dikarenakan ke-norak-an gue yang baru punya tablet ketika itu (pertengahan tahun 2012).

Bunker yang angker

Nah ini kesan yang gue tangkep begitu sampe di depan museum. Bentuk bangunan si museum klo dari depan emang terlihat kaya bunker. Letaknya yang terpencil ditambah suasana sekitar museum yang masih rimbun dikelilingi pohon dan semak yang bikin museum ini spooky, makannya gue bilang bunker yang angker. Angkernya ternyata beneran nyata men.. Bukan maksud gue mau nakut-nakutin, tapi emang beneran angker ni museum. Pas gue mau ambil gambar di depan pelang museum, sumpah susah banget, nge-blur terus, gak ngerti kenapa. Pas beli tiket masuk, terus di situ ada papan yang melarang kita untuk ambil gambar di dalam, tadinya gue mikir positip, mungkin untuk ngejaga koleksi, tapi rasanya ada faktor mistis juga. Terus ada kejadian kacrut yang bikin merinding disko (merinding kaya gimana pula gue gak ngerti, pinjem istilah anak jaman sekarang aja) gegara temen gue si Monda.  Jadi pas masuk ke dalam museum, kami langsung dihadapkan dengan ruang gamelan, dan tentunya di situ ada set gamelan lengkap. Di situ JELAS tertulis ‘Dilarang menyentuh gamelan’, tapi ini si Monda rada-rada, tanpa sepenglihatan embak-embak guide, dia iseng aja gitu maenin salah satu instrumen, emang sih cuma mukul-mukul kecil (si embak-embak guide juga gak denger), tapi kejadian setelahnya gak enak. Beberapa saat setelah si Monda iseng, pas udah mau masuk lorong lukisan, tetiba lampu mati, njirrr, dag dig dug (ini udah pasti mistis nih, pasti gegara si Monda). Si embak-embak guide dengan tenangnya bilang ‘Sebentar ya mas, mbak, saya coba liat saklarnya’ terus dia ke arah saklar, dia coba tekan itu saklar beberapa kali dan gak bisa nyala aja gitu sodara-sodari. Dengan enaknya si embak guide ngelanjutin ‘Mbak, mas, maaf ini lampu ndak bisa nyala, kita lanjut pake emergency lamp saja ya’, kami bertiga cuma bisa mengiyakan, padahal jantung masih gak keruan, gak tenang. Begitu lanjut dengan emergency lamp, dari lorong kami berada terdengar suara dari ruang gamelan, jeng jeng, ternyata ada rombongan lain yang masuk, dan saat itu juga lampu kembali nyala. Fffffiiiiuuuuhhh...

Front of bunker

Take kesekian kali

Statues in a pool

Ketemu pohon

Three of us


Koleksi berharga dan area terbatas

Koleksi-koleksi yang ada di dalam museum ini memang sangat berharga, dari mulai gamelan, lukisan, sampe surat tulisan tangan raja/ratu/permaisuri/pangeran/putri yang masih otentik dari jaman dahulu (dari Keraton Yogyakarta ataupun Surakarta). Beberapa koleksi unik bisa ditemuin di sini, salah satunya  lukisan seorang raja (gue lupa raja mana) yang matanya akan ngikutin kita dari angle manapun kita melihat lukisan itu (gak ngerti ini mistis juga apa enggak, yang pasti jaman dulu gak ada teknologi buat bikin lukisan semacam itu, apa karena teknik lukisnya? ya gak tau juga). Ada juga surat-surat tulisan tangan dengan tinta yang digores dengan bulu ayam dan dalam bahasa Belanda. Karena koleksinya yang unik, kita juga gak bisa mengabadikan koleksi museum dalam gambar, kita hanya boleh ambil gambar di area tertentu (gak banyak), makannya gue bilang area terbatas. Kalo kalian mau lihat gallery yang lebih banyak, mungkin kalian bisa ke website museum ini di ullensentalu.com.

Photoable spot 

Artistic 

Sembah nyuwun

Oke punya..

Failed


Museum mana lagi yang bakal gue kunjungi? Mau kemana? mau kemana aja boleh...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro