Amed - Tulamben

Pernah gak kalian ke Bali bagian timur? Klo belom pernah, coba deh sekali-kali ke sana. Bali bagian timur ternyata menyimpan kekayaan alam yang patut diacungi jempol (tapi jangan jempol yang kapalan apalagi cantengan). Amed dan Tulamben merupakan dua pantai paling terkenal yang ada di Bali bagian timur. Amed dan Tulamben punya karakteristik yang berbeda dari pantai-pantai Bali bagian selatan. Klo pantai-pantai di Bali selatan punya pasir pasir putih, Amed dan Tulamben, dan mungkin pantai-pantai lain di Bali timur punya bebatuan kerikil ataupun pasir item. Klo maen ke pantai-pantai ini siang bolong, wajib hukumnya (wajib apa sunah ya??) lo pake alas kaki. Klo gak? Ya coba aja lo injek tuh kerikil/pasir item, taruhan setengah jam lo taro di situ, kaki lo uda medium well bahkan well done.

View arah Amed - Tulamben

Klo lo ud sampe sini, berarti hampir sampe..

Amed

Amed ini klo kata gua lebih mirip danau dibanding pantai. Abisan dengan kerikil itemnya plus air lautnya yang cenderung berwarna gelap dan sangat tenang. Lah? Terus apa yang menarik dari pantai ini? Apanya yang bagus? Bagusan pantai di selatan dunk? Katanya diacungi jempol? Aaarrrggghhh nanya mulu, kaya wartawan lu!!! Lo kudu masukin badanlo ke air, terus celupin tuh kepalalo ke dalem air, nah di situ baru bisa ngerasain ‘the real Amed’. Emang sih klo terumbu karang mah masih bisa dibilang kurang, ya secara pasirnya aja item atau berkerikil, dari situ uda keliatan klo terumbu karang bukanlah daya tarik Amed. Tapi percaya gak percaya, walaupun terumbu karang kurang, ikan-ikan seliweran guys. Dan yang bikin gue kaget, gak perlu renang jauh-jauh, lo cukup berenang 5-10 meter dari bibir pantai, lo udah bisa liat ikan seliweran. Sayangnya pas gue ke sini gue belom punya kamera underwater (ya sampe sekarang belom punya juga sih, ehehe), jadi gue gak dapet gambar di dalem aer. Selain snorkeling, di Amed juga asik buat free diving, makan siang sambil leyeh-leyeh ditemani angin semilir.  

Amed

Mirip danau kan?

Spider vs Fly (above dining table)

Jeng jeng..ada penampakan..

Capek broh??

Snorkeling snorkeling sobb..

Tulamben

Gambaran Pantai Tulamben ini ya kurang lebih sama kaya Amed. Bedanya? Nah bedanya, klo di Amed lo bisa snorkeling atau berenang, di Tulamben gak bisa. Kenapa? Di sana berombak dan arusnya lumayan men, beda sama Amed yang tenang. Terus apa dunks yang dicari di Tulamben? Kurang lebih ya sama juga sama Amed, cuma bedanya di Tulamben lo kudu berenang lebih jauh dan celupin badan lebih dalem (baca: nyelem). Tulamben emang spot buat nyelem alias diving. Bawah laut Tulamben emang udah terkenal, pasalnya dimarih ada bangke kapal perang yang dulu karam. Bangke kapal inilah yang menjadi rumah bagi biota laut, makannya underwater view-nya emang ca’em. Tapi gue ke sini gak buat nyelem, selain emang ga punya sertifikat nyelem, gue juga ga niat buat nyelem, lagipula gue ke sini cuma biar ngerti Tulamben kaya apa n gue juga perginya bareng temen-temen yang gue yang sebagian udah berumur (apa hubungannye?).

Tulamben

Nerawang, ehehe..

Batu-nya mayan buat spot ambil gambar

Mayan gue uda bisa ngerasain indahnya Amed n Tulamben? Hayo kalian kapan? Gue mau ke tempat lain lagi, kira-kira mau kemana? kemana aja boleh..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro