Bromo: Amazing Solo Trip

Kalo kata Jebraw (host video #jalan2men yang ngakunya traveler super hero bla bla bla sejati) Bromo itu brother mountain’, mountain for bro! Bisa bisa, cuma kok agak gimana gitu? Gimana ya? Ya gitu deh.. Nah, tapi dibalik omongannya si Jebraw yang seringnya kagak jelas begitu, ternyata itu semua beneran men..  Gue bener-bener ngalamin.. Langsung aja gue cerita..

Batok - Bromo - Semeru 

View Tengger village - Bromo


From west to east with plan B

It’s kind of miracle or gift or blessing or whatever you say. Ini solo trip tadinya plan A tapi ternyata kejadiannya plan B (let’s say B for Bersendiri, Backpacker, Bromo, Bus, Brotherhood, Blessing). Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Surabaya di hari raya minggu Paskah. Setelah 3 hari berturut-turut menunaikan ibadah (Tri Hari Suci), gue bertolak dari Jakarta dengan pesawat yang flight itinerary-nya ikut-ikutan berubah dalam 3 hari berturut-turut, maju mundur terus (gak apa-apa asal gak pake cantik, gue gak rela dibandingin sama Syahrini) sampe akhirnya gue bisa nentuin jadwal sendiri sebagai bentuk pelayanan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan pihak maskapai (3 hari berubah-ubah? ini serius kaga bo’ong, bo’ong dosa men), tapi itu malah kaya berkat buat gue karena malahan bisa misa malem Paskah bareng keluarga (Thanks God..). Sampe Surabaya gue ngabarin temen gue, si Andy (yang rela jadi tukang ojek plus guide gue selama kurang dari 12 jam di Kota Surabaya), dia jemput gue di bandara terus ajak muter-muter kulineran (dari soto, nasi cumi-cumi sampe kue rangin), nganter gue ke hometsay, ke Sutos, sampe nemenin nyari jas ujan sekali pake (many thanks bro Andy, laen kali wajib gantian lo yang ngerepotin gue!!).

Backpackers from west

Bromo landscape


Bromo is Bro(ther) Mo(untain)

Semaleman nemenin gue, besokannya si Andy gak bisa anter gue dari hostel ke terminal (karena apa coba??bangun kesiangan!! hadeuh.. ya dia harus kerja juga sih.. kesian juga gue ama dia, ya sudah lah ya), so gue dianterin sama pengelola homestay, yang baek banget yang ternyata baru aja lulus kuliah (tau-tauan aja ya gue?), sampe dapet angkot ke terminal trus dikasih petunjuk. Sampe terminal, gue langsung cari  bus menuju Probolinggo, tapi yang gue naekin ini tulisannya Surabaya – Banyuwangi (ternyata bus yang ke Banyuwangi lewat Probolinggo, pantes gue sempet nunggu mayan lama bis yang ada tulisannya Surabaya – Probolinggo kaga lewat-lewat). Setelah beberapa jam perjalanan sampailah di terminal Probolinggo. Sempat plonga-plongo di terminal, akhirnya gue melangkahkan kaki keluar terminal, nah di situ uda berderet kendaraan minibus (orang sana nyebutnya Bison, galak abisss gan..) yang bakal nganter ke Gn. Bromo, gue tau nama itu karena sebelumnya gue banyak cari info (risiko solo trip gan...). Nah awalnya gue mau ke ATM sama toilet di SPBU, eh malah ada mas-mas awe-awe (awe-awe tuh lambai-lambai tangan) trus dia tanya ‘mau ke Bromo mas ya?’ ya gue jawab ‘iya’ trus dia nawarin ‘mas kita share bis ya, ini uda ada 4 orang, sama saya lima, sama mas jadi enam, gimana?’ gue sautin ‘iya mas, tapi saya ke ATM sama toilet SPBU dulu ya’. Gue jalan terus, ke toilet trus ke ATM (nunggu bapak-bapak ambil duit segepok, ada kali 20 apa 30 juta-an tuh..lama bingits..), eh keluar ATM, itu si Bison sewaan uda di depan mata gue aja, langsung diskusi harga bareng penumpang lain (2 bule, 2 cewek adek-kakak n si mas-mas tadi). Lanjut berangkat ke atas, nah karena si adek-kakak duduk di samping pak Kusir (eh pak Supir) yang sedang bekerja, gue gak ngobrol-ngobrol sama mereka, akhirnya gue kenalan terus ngobrol ngalor ngidul sama si mas-mas dan si 2 bule. Si mas-mas itu namanya Fajri, setelah ngobrol sana sini, tak disangka dan dinyana, dia tuh temen satu angkatan temen gue di Kehutanan UGM (jreng jreng...benang merah brotherhood pun terjadi, dan makin ikrib lah gue sama si Fajri), terus si 2 bule itu ternyata dari Prancis (cas cis cus lah gue sama mereka, bodo amat masalah kosakata, grammar, dll yang penting hajar dulu, secara gue udah lama ga make tuh bahasa), ga taunya mereka seneng banget, dan ternyata mereka pasangan yang lagi trip keliling dunia (cek aja web/fb mereka di http://www.nosechappees.fr/ *sayangnya web mereka dalam bahasa Prancis), namanya Emmanuel n Marion (note to them: here I promote your web guys..haha). Nah dari situ kami kemana-mana berempat mulai dari cari homestay sampe naik ke kawah Bromo. Setelah naik ke kawah Bromo, Marion n Emmanuel beranjak kembali ke homestay duluan, napas mereka kuat banget, mereka lari karena takut hujan karena pakaian yang mereka bawa terbatas. Gue dan Fajri, yang gak kuat lari, malah terjebak hujan deras dan salah arah (makin jauh dari homestay), walhasil sampe di homestay gue kelelahan dan kedinginan sangat (ya maklum, suhu di Bromo saat hujan sekitar 12 - 15 derajat sob..), beruntung mandi dengan air panas di homestay menyelamatkan gue. Sore itu, di homestay kami dipertemukan dengan Hakim, yang ternyata alumni ITB, yang lagi solo trip juga ke Bromo. Di situ gue kembali menemukan benang merah, gue (UI), Fajri (UGM) dan Hakim (ITB) dipertemukan dalam sebuah perjalanan singkat yang berkesan (ciyeh anak-anak negri..). Malam itu kami berlima makan bersama di warung nasi dekat homestay, nah untungnya kami sempat ambil gambar (karena gambar itu satu-satunya gambar formasi lengkap kami berlima). O iya, thanks buat Hakim yang nraktir kami berempat, you’re absolutelty nice person brow.. Jarang-jarang juga kan lo traktir bule kim? Hahaha.. Selanjutnya gue mengeksplor Bromo hanya dengan bro Fajri sampe trip berakhir karena si Hakim punya itinerary sendiri, sementara Emmanuel n Marion ngakalin supaya gak harus keluar extra cost buat trip mereka. Trip berakhir, Hakim ternyata langsung turun jadi gak ketemu kami berempat lagi. Sementara gue, Fajri, Emmanuel n Marion kembali share cost bersama traveler lain untuk sewa Bison ke bawah. Sesampainya di terminal Probolinggo, kami berpisah dengan Fajri karena dia harus ngejar flight SBY-CGK lanjut Lampung. Fajri naek bus ke Surabaya, sedangkan gue, Emmanuel n Marion melanjutkan perjalanan kami ke Kota Malang via bus dan Malang-Yogyakarta via kereta.

Take a pic together when light hiking 

Full team: Hakim-Ade-Fajri-Marion-Emmanuel

Me on the stairs

Peak: spot to see crater

The rain makes me wet

After the rain


Pananjakan dan Bukit Cinta

Pananjakan 1 dan 2 adalah spot favorit untuk mengambil gambar sunrise, di trip ini gue ngambil Pananjakan 1 yang letaknya paling tinggi di antara yang lain (puncak Bromo, Pananjakan 2, Bukit King Kong). Dari Pananjakan 1 ini kita dapat melihat 3 puncak gunung sekaligus (Bromo, Batok, dan Semeru-dengan Mahameru, puncaknya yang melegenda). Nah untuk dapet sunrise, lo kudu bangun jam 3 pagi (tenang aja brow, guide pasti jadi alarm-lo, mereka akan ngetok pintu kamar-lo so ga perlu takut telat), yang jadi masalah adalah lo harus bergelut dengan suhu antara 10-15 derajat Celcius dan berebut tempat biar bisa ambil gambar dari angle yang bagus. Sayangnya sunrise-nya pas gue kemarih kurang epic, padahal kata waisatawan lain, kemarin epic banget (yah kurang beruntung, mungkin emang disuruh balik lagi kemarih kapan-kapan).

View from Pananjakan 1 

Sunrise Catchers


With bro Fajri

The crowd

Sedangkan Bukit Cinta adalah spot buat orang bercinta (eh maap, bukan bukan... nanti malah parental advisory nih kategorinya). Bukit Cinta juga salah satu spot buat ambil gambar, dari sini lo bisa lihat Bromo dan Batok dari angle yang sedikit berbeda (gak kalah keren kok bro sis).

View from Bukit Cinta

Spot bagus buat ambil gambar


Pasir Berbisik nan mistik

Pasir hitam khas gunung berapi memenuhi sebuah area, maka disebutlah padang pasir. Padang pasir di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru ini dinamakan Pasir Berbisik, gak usah ditanya kenapa dinamain kayak gitu, gue gak tahu terus kemaren kelupaan nanya juga ama guide sono soalnya, ehehe.. Mistik? Sebenernya ini improve gue aja yang biar dibilang sastrawan/pujangga (pretttt..!!!), tapi at least dari namanya ‘berbisik’ menandakan bahwa ada ‘kehidupan’ di situ. Dilihat dari kondisinya yang ga menentu (kata guide-nya nih), bisa turun kabut, hujan deras tapi area lain sekitar situ terang benderang, kayanya cukup menggambarkan kemistisannya.

Pasir Berbisik nan mistik

Between Mount Bromo (left) and Mount Batok (right)


Savana membahana

Yap membahana.. Ini salah satu spot tercantik di area Bromo dan layak mendapatkan predikat ‘membahana’. Penuh dengan hijaunya rerumputan, semak, bunga-bunga liar dengan warna-warninya yang cantik, gradasi yang ditawarkan dengan kombinasi alam sekitar dan cerahnya langit dipastikan membuat takjub semua orang yang melihatnya. Gak percaya ama gue?? (ya jangan juga sih, dikira orang kafir nanti, percaya tuh sama Tuhan aja)

Blok Savana

Bukit Teletubbies

Colors of Savana

(real) Superman

Her job made us warm

The ride

Cavalry from Bromo


Bromo emang layak masuk kalender, lukisan, post card, perangko, dll. Intinya bukan itu juga sih (maap ya kebanyakan becanda, bawaan lahir soale, ehehe), intinya Bromo menawarkan sesuatu yang beda, dan gue menemukan arti kebesaran Tuhan dengan momen-momen yang gue alamin, dari mulai perjalanan dari barat ke timur (bukan mencari kitab suci loh ya, emang Sun Go Kong?), ketemu dengan bro Fajri, duo backpacker Prancis Emmanuel n Marion, bro Hakim, dapet gambar human interest yang ciamik, sampe ngeliat betapa Maha-nya Tuhan lewat alam Bromo. Lo mau kemana aja sah-sah aja, tapi jangan lupa ambil gambar dan juga hikmah dari perjalanan. Satu lagi guys, lo wajib/kudu/harus/mesti ngelakuin solo trip sebelom lo die (baru deh lo sah jadi traveler sejati).. Dijamin bakal banyak kejadian yang bakal bikin lo amazed kaya solo trip gue yang satu ini yang rute lengkapnya Jakarta - Surabaya - Bromo - Malang - Yogyakarta - Jakarta.. Keep on traveling bro sis.. kemana lagi? kemana aja boleh.. 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro