Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800M pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur, yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Mengapa harus ke sana?

Mungkin jawabannya udah ada di atas, yaitu Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Tapi apa cuma itu saja? Weitss, nanti dulu.. Ada hal lain yang menarik yang bisa jadi alasan kenapa lo harus ke Borobudur. Sunrise di Borobudur merupakan salah satu hal yang gak boleh dilewatkan oleh seorang fotografer, klo lo ngaku fotografer, belom sah rasanya klo sampe sekarang lo belom ngebidik Borobudur sebagai obyek foto terutama pas sunrise. Buat lo yang suka sejarah, jangan cuma bisa hapal nama-nama tokoh sejarah sama tahun-tahun perang, lo bisa belajar juga sejarah yang lebih lampau terutama peradaban Buddha di Indonesia di Candi Borobudur ini. O iya, di Borobudur ini ada suatu kepercayaan klo kita bisa meraih dan menyentuh patung Buddha yang ada di dalam stupa, maka keinginan kita akan terkabul (tapi gue saranin jangan nyentuh deh, soale bisa merusak patung tersebut). Dan yang satu ini mungkin yang lagi happening dalam beberapa tahun ke belakang, yaitu pelepasan ribuan lampion sebagai puncak peringatan hari raya Waisak di candi ini (hemmm, gak ramah lingkungan, tapi epic sih).

Borobudur

Buddha

Biggest stupa at the peak

Go International

Go International? macam artis atau perusahaan aje.. Yap, Borobudur memang sudah terdengar gaungnya di dunia internasional. Indonesia di mata internasional, wisatanya gak melulu tentang Bali, Bali, dan Bali men.. Borobudur, pada jamannya pak Harto masih jadi presiden, masuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Ini berarti kemegahan Borobudur udah kedengeran di dunia internasional sejak dulu. Sampe sekarang pun masih banyak turis-turis mancanegara yang memasukan Borobudur ke dalam daftar tempat wisata di Indonesia yang akan mereka kunjungi. Orang luar aja pada ke sini, masa kalian sebagai tuan rumah wisata di negeri sendiri malah belom pernah ke sini? Aiihh, malu atuh, makannya buruan deh masukin trip ke Borobudur ke agenda liburan kalian. Gue sendiri uda beberapa kali ke Borobudur, dari jaman sekolah sampe gue kelar kuliah, tapi gue sendiri belom pernah ke sana buat hunting sunrise n Waisak-an di sana, masih penasaran, maybe someday... (amiiiinnn..)

Me with Borobudur behind

Me and friends (old school)

The view is good right?


Alam, sejarah, budaya, religi, itu semua mungkin aspek-aspek yang bisa kita lihat dari perjalanan wisata Borobudur. Maju terus pariwisata Indonesia! Borobudur - checked, Prambanan - checked, Candi Arjuna - checked, Angkor Wat - checked, kira-kira candi mana lagi yang bakal gue kunjungin? mau kemana? kemana aja boleh...

Note: karena stok foto yang mudah diakses sedikit, kemungkinan akan ada update apabila penulis menemukan stok foto yang oke




Komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro