Semarang-semarang Soobb..

Dua bersahabat menyapa dua sahabat mereka di kota yang berjuluk 'Little Netherland'. Yaps, inilah dia, Semarang.. Perjalanan gue kali ini bisa dibilang flash trip nan rock n roll, gue n temen-temen gue melahap kota + (sebagian) kabupaten Semarang hanya dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam (temen-temen gue yang aseli Semarang ini emang edan), padahal klo udah 2 x 24 jam kan tamu wajib lapor (apa hubungannya dul?). Total waktu yang gue abisin buat ini trip sekitar 56 jam (gue liat dari struk parkir inap motor di Gambir yang jumlahnya Rp 56.000,-) udah termasuk perjalanan Jakarta-Semarang PP, nunggu kereta yang ngaret 4 jam dan jalan-jalan di sana. Perjalanan ini sengaja buat ngelepas kangen skalian farewell buat Rico yang bakal melaut. Canda tawa selalu mengiringi, teringat dahulu kami pernah tinggal bersama (satu atap namun beda kamar dan lantai, namanya juga kosan) di Bali dan banyak sekali cerita-cerita gila yang kami ingat (dari cerita nongkrong sampe pagi padahal beberapa jam lagi kami harus kerja/kuliah, main ke pantai bareng, Nyepi bareng di kosan, bakar-bakar ikan di kosan, gosip-gosip keluarga bapak/ibu kos sampe cerita ketinggalan pesawat karena kebodohan kami), jadilah kami nostalgila di Semarang.. Di sini si dua sahabat juga merasakan enaknya tidur di hotel dan di stasiun (ditemenin nyamuk gan) gegara kereta ngaret, enaknya kuliner Semarang, panas-dinginnya Semarang, sampe minum air radiator buat mobil yang kita tumpangi (itu mah gue aja kali ya? bangke, bangke..), dan masih banyak lagi cerita..

Lawang Sewu

Nah ini tempat rasanya gak boleh dilewatin klo lo mampir ke Semarang. Ini tempat uda populer, baik di dunia nyata maupun di dunia go’ib. Emang ini tempat kayanya buat uji nyali. Di balik kehororan dan kemistisannya, Lawang Sewu ini sebenarnya menyimpan banyak cerita terutama sejarah perkeretaapian Indonesia. Dulunya memang tempat ini merupakan benteng pertahanan dan untuk mengawasi musuh, namun seiring jatuhnya kota ke tangan Hindia Belanda, tempat ini kemudian berubah menjadi kantor administrasi dan terakhir menjadi pusat administrasi dari perusahaan kereta api. Dinamakan Lawang Sewu karena tempat ini punya pintu (Bahasa Jawa: lawang) yang jumlahnya sangat banyak, makannya disebut sewu (Bahasa Indonesia: seribu). Gue sendiri ke sini pas hari masih terang, jadi gak ada horor-horornya, penasaran sih (padahal ngeri juga). Sekarang ini, Lawang Sewu menjadi tempat wisata sejarah, sekaligus wisata uji nyali. Yang pasti Lawang Sewu ini landmark yang wajib lo sambangin klo lo lewat atau jalan-jalan ke Semarang.

Pelataran Sentral

View from gate

Lawang Sewu in the night (taken from car)

Jembatan antar gedung

Salah satu menaranya

Pohon gede bisa buat ngadem


We're on the rooftop

Sampah basah itu bau!!

Wefie jadi hal wajib

Klenteng

Ngapain ke Klenteng? Berdoa? Eh sekarang mah bukan jamannya lagi ke tempat ibadah buat berdoa atau sembahyang aja. Tempat ibadah juga bisa buat wisata kali.. Kebukti sekarang agama yang lo anut ga ngebatesin lo buat wisata ke rumah-rumah ibadah, apapun itu bentuknya, bener apa betul? Benul.. Sah-sah aja lo mau wisata ke gereja, vihara, pagoda, klenteng, pura, mesjid ataupun pohon gede (lho kok?), ya intinya gak perlu gimana-gimana buat wisata ke rumah-rumah ibadah. Nah di Semarang ini gue sempet maen ke dua klenteng yang paling terkenal seantero Semarang, yang pertama adalah yang paling tua yaitu Klenteng Tay Kak Sie dan yang kedua adalah yang paling gede yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Tay Kak Sie sendiri ada di pusat kota Semarang tepatnya di sekitar Gang Pinggir, dekat dengan tempat gue nginep, Tjiang Residence. Sedangkan Klenteng Sam Poo Kong letaknya di pinggir kota.

Cetakannya segini, ini lilin kapan abisnya??

Cheng Ho statue

Klenteng Tay Kak Sie

Patung-patung Prajurit (Sam Poo Kong)

Fantastic Four, ahey..

Can you see how small I am?

Cheng Ho giant statue

Klenteng Sam Poo Kong

Simpang Lima

Nah, ini satu lagi kawasan yang musti lo datengin klo lagi wisata ke Semarang. Simpang Lima ini kayanya udah jadi ikon Semarang di samping Lawang Sewu. Gue kaga ngarti Simpang Lima itu bisa disebut alun-alun apa gak, soalnya klo diliat-liat, emang mirip alun-alun. Dinamakan Simpang Lima karena emang persimpangan yang ada di sini ada 5 (kirain yang ada 5 cuma balonku). Simpang Lima ini sebenarnya lapangan bola, lapangan basket di tengah-tengah kota. Tapi kayanya yang berfungsi tinggal lapangan basketnya aja, lapangan bolanya mah udah ancur lebur, tapi gak tau juga klo masih dipake. Malem di Simpang Lima ini bener-bener rame, rame bener-bener. Apa aja sih yang bisa dilakuin di sana? Banyak broh, tapi pas gue ke sana gue sama temen-temen gue cuma maen sepeda.

Nemu mobil sapi

Simpang Lima Traffic and Crowd

Wefie in front of the board

Ganda Putra

Four in one

Ganda Campuran

Gua Maria Kerep

Weits, gapapa kan religious dikit? Dikit aja.. Klo kebanyakan entar bisa ngalahin pastur, hahaha.. Si Adit n Mayke ngebawa gue n Rico ke sini dan gak nyangka ini gua Maria keren bener. Diem gue pas ngeliat miniaturnya taman getsemani saking kerennya. Nah di sini ada kejadian yang super bangke bin kampret, jadi pas begitu sampe sana, kan gue aus, pas gue buka pintu mobil belakang si Adit, gue liat di situ ada air di botol. Tanpa mikir (ini gue yang gak punya otak apa saking inisiatip yak?), gue tenggak aja tuh aer botol, glek pertama, aman, begitu glek kedua, ada suara ‘mas, itu kan aer radiator..’ sontak gue langsung muntahin itu aer. Hadeuh emang sial gue.. Show must go on. Lanjut gue sama temen-temen gue termuter Gua Maria Kerep ini. Poto-poto (agenda wajib), doa sebentar, cuci muka, ya sekitar satu jaman (jaman batu apa jaman es?), maksudnya sekitar satu jam di sana, kami cabcus dan menuju ke Semarang bawah.

No tripod? just put your camera down

Give us blessing, Om Je

Under shining light

I've got a new friend

The Trio

Norak, norak dah..


Gereja Blenduk

Nah ini satu lagi landmark kota Semarang nan religious yang patut lo kunjungi, lokasinya ada di Kota Lama Semarang, ya klo di Jakarta macam kawasan Kota Tua gitu. Nah pas gue ke sini udah gelap, ya biar gelap rasanya gak sah klo uda sampe di sini tapi gak ambil gambar (teteupp..)

Say hi to this church

Gereja Blenduk

Kota Lama (sebelah Gereja Blenduk)

Ngupi-ngupi

Di hari pertama, setelah termuter Gua Maria Kerep, sebelum masuk tol menuju Semarang bawah, kami mampir ngupi-ngupi di Banaran. Kopi Banaran ini uda terkenal, keliatan sih dari ramenya pengunjung. Tempatnya emang cozy gitu buat ngopi dan emang coffee shop-nya tuh jadi pintu masuk buat menuju ke perkebunan kopi. Nah, di hari kedua, sebelum ke stasiun, gue n Rico diajak Adit ngupi-ngupi dulu sambil nunggu kereta yang dijadwalkan datang tengah malam. Nah tempat ngopi kedua ini namanya Peacock Coffee. Peacock Coffee ini tempat begadangnya anak-anak gahul Semarang kayanya, secara buka 24 jam dan keliatan yang ke situ emang anak-anak muda fakir wifi, hahaha..

Kampung Kopi Banaran

Table 8 (lucky number)

Peacock Coffee

Semawis – Pecinan

Nah klo yang satu ini buat pecinta kuliner. Semawis yang emang berada di Pecinan ini emang pusat jajan n kuliner malam di Semarang. Di sini lo bisa nemuin kuliner-kuliner Semarang yang oke punya macam Mie Titie, pisang plenet, nasi campur, bakcang, bakso, dan masih banyak lagi. Di sini atmosfer-nya asik berat, karena lokasinya tuh di koridor antara rumah-rumah gitu, trus di atasnya ada lampu-lampu kelap-kelip macam hiasan pu’un natal, trus kiri kanan tuh isinya lapak makanan, karaoke jalanan, dan juga lapak dagangan lainnya.

Gapura Pecinan

Very recommended

Album cover mode on


Night at Semawis

Semawis in the morning

Mie Titie+Pisang Plenet+Teh Gopek=Perfect

Terima kasih buat dua sahabat kami Mayke dan Adit udah ngajak gue dan Rico jalan-jalan plus kulineran (mie titie, mie kopyok, tahu gimbal, wedang ronde, gudeg, pisang plenet, lumpia, etc) di Semarang.. Di lain waktu kita ketemu lagi di lain tempat.. Mau kemana? mau kemana aja boleh..











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro