Kolam Abadi dan Air Terjun Teruh-teruh

Sebenarnya ketertarikan gue buat ke tempat satu ini dimulai ketika gue nonton My Trip My Adventure. Waktu itu si David sama Dion maen ke tempat ini dan emang waktu itu kaya surga tersembunyi di tanah Batak. Akhirnya ada kesempatan gue buat nyambangin tempat ini pas gue liat kalender Maret 2016, kayanya sayang kalo libur Nyepi gak skalian dibablasin. Cek tiket KL-Medan ternyata murah, ya gak pake pikir panjang langsung book. Jadilah solo trip KL dan Siem Reap yang tadinya cuma 5 hari jadi berlanjut ke Medan dan sekitarnya dengan total waktu 9 hari.

Kolam Abadi

Underwater photo

Air Terjun Teruh-teruh


Don't expect too much

Hemmm.. Bukannya mau membuat penonton kecewa tapi emang itulah yang bisa gue kasih saran ke kalian yang hendak pergi ke sana. Kenapa? Pertama karena pengelolaannya yang kurang. Ketiadaan arah dan pelang yang benar-benar jelas membuat kita yang bukan orang Medan/sekitar pasti agak bingung dalam mencari tempat ini. Pengelolaannya pun teramat sederhana, mungkin bisa dilihat ada beberapa operator, tapi kok kaya gak ada hype buat menawarkan pengunjung yang lewat. Dan yang mencengangkan adalah ketika guide gue cerita kalo weekend/long weekend/libur panjang, itu tempat bisa dipadati ratusan orang bahkan ribuan orang. Meh? Ya mungkin emang imbas dari tempat ini yang udah terkenal lewat acara TV terutama MTMA. Sebenarnya gak masalah sih mau seberapapun banyak orang. Nah, ada tapi-nya, tapi kan pasti ada aja di antara ratusan atau ribuan orang itu ada orang-orang ‘sampah’ yang nyampah sembarangan. Walhasil dari pengelolaan yang teramat minim tersebut imbasnya ya di tempat seindah itu banyak terdapat beberapa spot pembuangan sampah, jadi jangan kaget di situ kalian mencium bau tidak sedap. SEDIH. Ini jadi alasan kedua kenapa kalian jangan berharap lebih. But anyway, I enjoyed the trip karena waktu itu sepi dan yang gue liat di TV sama yang gue liat dengan mata kepala gue masih sama. Air biru nan bening yang terapit tebing kecil, vegetasi hutan yang masih cukup baik dan batu atau kayu yang jadi penghalang sekaligus pijakan agar kita tidak terpeleset atau terbawa arus yang cukup kuat.

Kota Binjai

Pemandangan di jalan

Kebun sawit


Pintu masuk

Trekking

Yeay, sampe juga


Capek trekking ketemu sampah T_T

Semut baris

Trust me, it's natural


Mari nyemplung

Mari nyelem

Tetep, classic pose


Nice background, right?

Sante-sante broh..

Mari ngambang


Pakai vest biar aman

Semedi om?

Pake vest supaya gak capek juga


Aset wisata yang berharga

Untuk ke tempat yang kece biasanya butuh usaha. Tak terkecuali untuk menuju ke tempat yang satu ini. Letaknya yang berada di daerah Bukit Barisan, tepatnya di Desa Rumah Galuh, butuh waktu 1-2 jam untuk menuju tempat ini. Setelah sampai pun tidak langsung terlihat kolam dan air terjunnya. Kita harus trekking santai sekitar 40 menit untuk sampai ke kolam. Dan untuk menuju air terjun, kita harus menelusuri sungai sembari maen aer. Melihat kekayaan dan keunikan alam yang ada di sana kayanya gak perlu diragukan lagi bahwa Kolam Abadi dan Air Terjun Teruh-teruh ini merupakan salah satu, eh salah dua, aset wisata yang berharga buat Indonesia dan provinsi Sumatera Utara pada khususnya. Airnya yang berwarna biru tosca padahal ini aliran sungai bukan laut, hutan yang masih jadi tempat tinggal siamang (jenis kera endemik daerah setempat), hutannya yang masih lebat, air terjun yang indah. Sayang banget kalau kita gak menjaga dan memelihara aset berharga yang satu ini.

Sleeping Buddha? No, sleeping me

Air terjun mini;

Disuruh poto dalem goa, mau aja


Napak yang bener klo gak mau kepeleset

Bening banget kan?

Ini deres beneran


Maen aer

Air dan udara

Pelangi kecil


Sampai di air terjun

Maen di air terjun

Good spot for taking a pic


Capung di jari gue

Bukit Barisan

Bareng guide gue, Bang Ernest



Nah pesen gue buat kalian yang baca blog gue, kalau mau ke tempat yang satu ini, please banget jangan nyampah dan ngerusak. Hindari membawa makanan ke tempat-tempat seperti ini, karena secara sadar atau gak sadar nanti kalian bisa nyampah. Jaga alam, maka alam pun akan menjaga kita. Salam mau kemana aja boleh...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro