Menerawang Gili Trawangan

Siapa belum pernah denger Gili Trawangan? Jangan ngaku punya hobi jalan-jalan klo lo gak pernah denger Gili Trawangan. Gili Trawangan udah terkenal seantero Indonesia. Buat yang kangen Bali jaman dulu, dengan pantai-pantainya yang berpasir putih, bersih dan belum terlalu ramai, coba kalian jalan ke Lombok, terus kunjungi Trio Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air). Nah di sini gue bakal share pengalaman flash trip gue ke Gili Trawangan.

Gili Trawangan

The beach

Bike Touring demi ngabur dari Nyepi

Perjalanan gue ke Gili Trawangan ini bisa dibilang flash trip yang lumayan gila di tahun 2011. Setelah negosiasi yang alot dengan Manager di tempat kerja, gue dan 3 temen gue (bli Alit, Johan dan Andy) akhirnya bisa nekat berangkat H-1 Nyepi siang hari (walaupun masih harus ngantor setengah hari). Sekitar jam 1an, kami berangkat dari kos gue di Dalung. Setelah menempuh 2 jam perjalanan dengan motor, kami pun sampai di Pelabuhan Padang Bai. Setelah mencari info dan beli tiket, kami menunggu proses masuk kapal yang ternyata masih sekitar 1-2 jam lagi. Kondisi pelabuhan saat itu ternyata tidak ramai. Setelah menunggu, akhirnya kami pun antri naik kapal. Perjalanan menyebrang laut dengan kapal ini memakan waktu sekitar 6 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, Lombok, kami masih melanjutkan perjalanan ke Cakranegara, Mataram. Sekitar jam 10 malam kami sampai di ibu kota Lombok ini. Kuliner malam jangan sampe lewat, kami pun melahap Ayam Taliwang beserta dengan Plecing Kangkung dan juga Beberuk Terong nyam banget kan? Kelar kuliner, kami menuju tempat kami menumpang bermalam (gratisan coy) di rumah salah satu temen abang gue. Di situ kami disambut oleh ajudan dari bokapnya temen abang gue itu yang masih melek menjelang tengah malem, malah sempet ngobrol-ngobrol sampe lewat hari. Paginya kami berpamitan sambil menyerahkan oleh-oleh yang kami bawa dari Bali ke bapak ajudan itu. Dari Mataram, kami menuju Gili melalui pesisir Senggigi. Landscape di sini cukup membuat kagum, lo bayangin, sepanjang perjalanan, aspal yang halus, keluar masuk perkebunan kelapa, kemudian lo nemu pantai di sebelah kiri terus bukit di sebelah kanan. Diapit warna biru cerah dengan hijau yang bikin adem mata bakal bikin lo bersyukur atas pemandangan yang bisa lo liat. Mataram-Gili (Pelabuhan Bangsal) kami tempuh sekitar 2 jam. Nah touring skitar 12 jam sekali jalan ini kami jabanin demi ngabur dari Nyepi. Herannya, bli Alit, yang notabene Ida Bagus (kasta tinggi), bisa-bisanya ikutan gue, Johan dan Andy ke Gili Trawangan ngabur dari Nyepi, speechless..

Ferry rasa pesiar, azeek

Jalan kosong = menggila

Fokusnya pada Pop Mie masing-masing


The landscape

Jangan lupa isi bensin


Sayang klo ga menepi ambil gambar


Ditolerir dalam keadaan darurat

Kudanya buang muka

Kapal Bangsal - Gili


Nuansa Gili

Nuansa Gili ini emang buat liburan. Untuk sampe ke Gili kita harus nyebrang dari Pelabuhan Bangsal (tradisional). Berasa banget klo udah kepisah sama daratan dan effort buat ke sana nunjukin bahwa Gili emang liburan banget. Sampe Gili Trawangan, pemandangan yang ada ya orang-orang berlibur, deratan penginapan, tempat makan, dan lain-lain. Udara di sini juga enak banget karena di sana dilarang kendaraan bermotor, bonusnya ya gak berisik.

Sante dulu

Crowd at beach

Nyepeda-nyepeda sobb..


Aktivitas di Gili

Akitivitas yang bisa lo lakuin di Gili ini banyak: berjemur, main pasir, berenang, snorkeling, sepedaan, naek cidomo (andong/kereta kuda), diving, hoping Gili, liat penangkaran penyu, dan masih banyak lagi. Tapi karena gue dan temen-temen gue cuma punya waktu semalem di sana, so gue maksimalin waktu yang ada. Begitu sampe, yang pertama tentunya cari penginapan. Nemu penginapan, kami cari makan siang abis itu langsung cari spot snorkeling, mumpung masih siang, so visibility pasti memadai buat snorkeling. Eh tapi belum sampe spot snorkeling, di lapangan dekat dermaga, kami cukup beruntung. Di situ lagi ada tari perang khas Lombok, Paserean. Nonton sebentar (2 pertandingan), lanjut jalan menuju spot snorkeling dan kami pun nyebur. Abis snorkeling, lanjut nyepeda keliling Gili sampe sunset. Esok paginya, kami harus prepare buat perjalanan balik ke Bali.

Menerawang di atas sepeda

Waiting sunset

Our place to sleep


Pria bertato menerawang

Put fin & keep snorkle

Paserean


Jo..Jo..that was the best pose anyway..

Jalan-jalan men..

Jo asked for a pic with beatiful Thai girl

Mutiara

Yap mutiara emang salah satu komoditas yang lumayan, sorry revisi, ini mah gak lumayan, tapi sangat berharga, dari Lombok. Harganya gak murah men.. Nah mumpung ada di Lombok, so gue dan temen-temen gue mau cari mutiara buat oleh-oleh. Beuh, tajiiiirrrr... Nope, jangan kira gue beli mutiara yang harganya selangit. Ya cari-cari yang sesuai sama kemampuan kita. Sebenarnya kami sudah sampe di Sekarbela yang udah terkenal sebagai pusat mutiara di Lombok. Tapi kok gue liat di sana harganya masih tergolong mahal (apa gue yang kagak mampu? bukan kagak mampu, belom mampu, ahey), so gue tanya-tanya penduduk lokal pusat mutiara selain Sekarbela. Nama Karang Genteng-lah yang kami dapat dan langsung cabcus kita ke sana, emang agak muter dan jauh dari Sekarbela, tapi karena tempat itu juga merupakan alternatif arah pelabuhan Lembar, maka gak pake pikir panjang ambil keputusan mampir Karang Genteng.  Di sana di deretan toko, gue dan temen-temen gue liat-liat dan tanya-tanya (udah kaya perempuan yang bisa berubah impulsif pas liat mutiara). Gue dikasitau klo mau bedain mutiara aseli sama palsu, ya coba aja bakar pake korek agak lama, klo yang palsu pasti berubah warna malahan bisa jadi meleleh, yang aseli mah gak bakal berubah warna ataupun bentuk. Nah di sini harga cukup bersahabat dengan kantong gue, beberapa gelang mutiara bisa kok ditembus dengan harga beberapa ratus ribu rupiah ajah. Tapi jangan salah, ada juga yang sebiji harganya belasan juta, cekacekaceka.. Setelah gue tungitung, buat orang rumah 3, dan buat cewe gue 1, akhirnya 4 gelang mutiara aseli bisa gue bawa pulang.

Pearl Store

Tawar trusss!!!

Setelah menerawang Gili Trawangan gue kok masih merasa kurang ya? kurang klo cuma semalem aja.. Bakal ke sana lagi gak ya gue? Dari niatan sih pengen, we’ll see.. mau kemana?kemana aja boleh..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro