Rafting at Telaga Waja

Sungai Telaga Waja merupakan salah satu spot untuk rafting di Pulau Bali, sungai ini terletak di Desa Muncan, Karang Asem (arah Pura Besakih). Gue dan temen-temen start dari penginapan kami di Batur, Kintamani. Kurang lebih 2 jam pejalanan dengan mobil kami tempuh untuk dapat mencapai starting point. Untuk rafting kali ini kami menggunakan jasa Sobek sebagai operator (ini salah satu operator yang terkenal seantero Bali). Untuk kalian yang gak mau repot, ada paket rafting dengan atar-jemput hotel. Nah untuk yang bawa kendaraan sendiri, kunci wajib diserahkan ke operator buat anter kendaraan ke titik finish/penjemputan (full service nih..).

With The Skipper: Bli Gede

Technical Briefing

View on the way Batur - Karangasem

Preparation

Sampai di starting point (btw kamar ganti n kamar mandi di starting point ini cukup nyaman) kami disuruh mempersiapkan diri terlebih dahulu. Mulailah kami buang air kecil, ganti baju, oles-oles sunblock (ini cowok-cowok pada ganjen bener yak??hahaha), pasang action cam, dll. O iya, di sini kami disuruh baca petunjuk rafting dan juga mempelajari sedikit karakter sungai (ini penting lho.. kita harus tahu aba-aba skipper dan juga beberapa spot yang perlu perhatian khusus, klo ga bisa celaka). Nah pesen gue pas baca petunjuk, bacalah dengan teliti, jangan sampai ada missed, kejadian temen gue, Andre, yang gak teliti, mukanya pucet di tengah-tengah turun anak tangga, karena dia gak tahu bakal ada air terjun DAM(n) sekitar 4-5 meter (padahal ada di buku petunjuk). Waktu itu gue dan temen gue, Teuku, nanya ama skipper, bli Gede, ‘bli, yang turunan 5 meter jauh gak?’ si Andre langsung panik ‘hah? emang ada ya?’, gue, Teuku n temen gue satu lagi, Monda, cuma bisa ketawa ngakak terus komen ‘makannya klo baca tuh yang lengkap ndre, hahaha’. Si Andre hampir balik badan ke atas ga mau ikut, tapi ye kali uda bayar, uda siap peralatan, uda turun tangga pula terus balik. Akhirnya kita bertiga ngeyakinin n ngebujukin Andre dan terus menuruni anak tangga. Untuk rafting ini, barang yang boleh dibawa hanya barang-barang yang penting saja, klo gak penting, kita diminta untuk ditinggal di mobil. Barang-barang itu nanti dimasukkan ke dalam dry bag (tenang broh, ini juga dari pihak operator yang menyediakan). Setelah persiapan, pilah pilih helm (ini helm baunya mirip helm tukang ojek, bahaha...tapi masih bisa ditoleransi kok..), vest dan dayung, terus kita briefing seluruh peserta (in English nih guys) kemudian lanjut turun tangga sekitar 100 meter ke bawah menuju sungai kemudian briefing teknis sebentar dengan skipper.

Starting point

Feel the wave

Sante dulu aje sobb...


Masih sante alias woles

Waterfall

Bersiap ngadepin DAM(n)

Let's get wet

Rafting dimulai sekitar jam 10, dan ternyata yang rafting bareng kami turis mancanegara semua (no domestic tourists at all except us, wew..). Sungai Telaga Waja memiliki aliran yang deras dan jernih, perjalanan rafting menempuh jarak sekitar 15-20 km. Selama perjalanan kami disuguhkan pemandangan petak-petak sawah serta perbukitan yg hijau dengan pepohonan. Pada awal perjalanan, kami masih bisa santai-santai dalam perahu sampai pada titik pemberhentian (di sini gue kaget ternyata ada yang jualan, seriusan.. so kalian bisa ngopi, ngeteh, bahkan ngemil Pop Mie, tapi inget sampahnya jangan dibuang di sungai ya..). Di situ juga kalian bisa ambil gambar, karena ada air terjun kecil di sebrang pemberhentian.  Nah setelah pemberhentian, mulailah banyak tantangan yang bisa dibilang cukup ekstrim. Jeram di Telaga Waja berada antara grade III dan IV, jadi bisa lo bayangin kedahsyatan jeramnya. Itu baru jeramnya, belum batu-batu besar yang bakal kita tabrak yang bisa bikin seisi perahu jumpalitan gak karuan, tebing bolong yang mengharuskan kita merebahkan badan supaya tidak kepentok (ini gokil abis, pas lo rebahan, atas lo tuh batu men..lo ada di kolong batu gede, serem kan?), dan juga putaran arus, ini semua mungkin yang bikin patah dayung bli Gede (suerrr, ini beneran kejadian, dayung aja bisa patah apa lagi batang idung lo...). Kayanya di perahu gak ada yang gak jungkir balik deh, gue sempet jumpalitan di perahu karena nabrak batu, si Teuku juga, si Andre hampir nyebur, si Monda kebalik terus kaga bisa bangun sampe seisi perahu ngakak kaga berhenti ngeliatin tuh bocah susah payah ngangkat badannya yang montok. Sepanjang perjalanan bli Gede juga sempat naik turun sungai demi ngejaga biar perahu gak nyangkut (tapi ya gak sering-sering juga sih). Nah sampai di DAM(n) -kenapa gue nyebutnya dari awal DAM(n)? silakan liat poto-poto DAM(n) scenes di bawah-,  kita akan meluncur dari ketinggian 5 meter, lumayan ini, klo lo ga ikut apa kata skipper, dapat dipastikan lo bakal keluar perahu nyebur ke sungai. Setelah DAM(n), kita masih melewati beberapa jeram, ya walaupun ga sederas di tengah-tengah perjalanan, tetep aja butuh perjuangan untuk ngelewatinnya (secara energi ud kekures abis dari awal, dan adrenalin uda terpacu dari awal, belom ditambah tangan yang uda pegel karena ngedayung). Abis dari DAM(n), biasanya skipper-skipper iseng, mereka dengan dayung di tangan nyipratin aer ke perahu laen, biasanya skipper perahu laen ngebales, akhirnya semua ikutan dan jadilah tuh perang cipratan aer.

DAM(n) Scene 1: Free paddle style

DAM(n) Scene 2: Get ready

DAM(n) Scene 3: Going down

DAM(n) Scene 4: Yihaaaa...

DAM(n) Scene 5: Vertical limit

DAM(n) Scene 6: Touch down


DAM(n) Scene 7: Climax

DAM(n) Scene 8: Head-Toe reversed

DAM(n) Scene 9: Safely landed

Finish and Take a breath, bath, food, beverage, cake or whatever you can take

Sampai garis finish, kita masih harus menaiki anak tangga sekitar 100 meter, di sini gue dan temen-temen gue lumayan engap, apalagi temen gue Monda yang body-nya aduhai. Tapi tenang aja, sampai di atas, kita sudah disambut oleh handuk, minuman segar dan makanan yang melimpah ruah. Selesai bilas/mandi dan ganti baju, kita langsung mengambil tempat dan bergantian ambil makanan. Nah berhubung di sini model prasmanan, ya namanya orang Indonesia gak mau rugi, bolak-balik aja ambil makanan, ehehe.. (ini makanan juga sudah sepaket sama harga rafting). Tempat makannya juga pecah gan, soalnya letaknya di atas di pinggir sawah dan lembah, jadi sambil makan pun, mata kita terus dimanjakan dengan alam Bali yang gak ada matinya. Nah kelar makan kita bisa lihat foto-foto yang dijual operator, terus kita pamitan sama bli Gede, sang skipper super gokil yang uda nemenin kita setengah harian rafting (ya berhubung gue pernah kerja di bidang jasa, gak afdol kayanya klo gak kasih tip, so sambil pamit n say thanks, kami kasih bli Gede tip – inget guys gak ada patokan tapi yang paling penting keikhlasan kalian).

View-nya mantaapp..

Breathtaking view

Makan-makan men...

Geland(e wagen)angan kecapean..

Hati-hati! Penjahat Kelamin!

Last pose with Bli Gede: Sayonara

Mungkin itu yang bisa gue share. Sebagai traveler sejati, lo wajib nyobain asyiknya rafting/arung jeram ini. Nah gue sendiri masih penasaran sama jeram lain yang ada di Indonesia, terutama saingannya Telaga Waja ini (yang punya perpaduan jeram seru dan alam sekitar yang memanjakan mata), kayanya di Probolinggo ada tuh... Apa gue bakal ke sana nanti? Kita liat aja.. Mau kemana? mau kemana aja boleh...





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro