Prambanan Nan Menawan

Rasanya judul yang gue kasih ga berlebihan, setujuh gak guys? Klo gak setujuh, ya sembilan apa sepuluh dech.. (lhoo??). Prambanan emang salah satu candi yang menawan di Indonesia. Indonesia kita tercinta ini merupakan salah satu pusat peradaban Hindu dan Buddha sehingga banyak ditemukan banyak candi. Salah satu yang paling terkenal adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi dari peradaban Hindu. Nama Prambanan sebenarnya diambil dari nama daerah candi tersebut berdiri. Candi Prambanan juga memiliki nama lain yaitu Candi Rara Jonggrang. Candi ini sebenarnya sebuah kompleks candi Hindu, di sana ada candi-candi lain seperti Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Plaosan, dll.

Candi Prambanan

Pelataran dan jalan utama menuju candi


Trimurti

Gue tadinya menganalogikan Trimurti ini kaya konsep Tritunggal di Katolik, tapi ternyata beda jauh. Klo di Katolik tuh kaya tiga unsur kesatuan yang gak bisa dipisahkan, nah klo di Hindu tuh lebih kepada tiga unsur yang punya peran berbeda dalam menjalankan keseimbangan. Eh tapi ma'ap yak klo pernyataan gue di atas kurang tepat, ya maklumin aja dah, secara gue pan juga bukan orang yang mendalami agama atau sejarah. Candi Prambanan ini punya 3 candi utama yang tak lain dan tak bukan merupakan representasi dari konsep Trimurti tadi. Candi ini dipersembahkan untuk tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai pencipta, Wishnu sebagai pemelihara, dan Siwa sebagai penghancur.

Secercah cahaya di balik candi 

Ganesha

Artefak

Pendopo 

Nyi Roro Kidul painting

Gamelan set


Wisata candi, why?

Wisata candi? Why? Gue bakal balik nanya ke kalian, why not?? Emang di candi ada apa sih? Kan cuma sekumpulan batu yang disusun-susun jadi satu bentuk tertentu. Gak jauh beda kaya lego donk? Setuju, emang ga jauh beda sama lego, tapi klo lo bilang cuma kumpulan batu yang tersusun, lo salah besar!! Biarkata keliatannya cuma batu yang disusun, setiap batu punya makna, dan kesatuan batu-batu itu punya makna yang lebih gede dan gede lagi. Relief yang ada pada batu-batu candi punya andil dalam membentuk suatu cerita. Selain itu, lo bakal mikir kenapa jaman dulu ketika manusia belum punya alat-alat mekanis dan teknologi, bisa kebangun konstruksi kaya candi ini? Di candi juga lo bisa dapet gambar super duper epic bro.. See? Gue tunjukin ke kalian bahwa candi bukan sekedar tumpukan batu dan beda dengan lo maen lego. Percaya sama gue, temple trip never fail..!!

Space between 

Brahma statue 

Stupas

Epic 

Ok Ran, nice pose! 

No filter, no effect, no editing


Sebenarnya di Candi Prambanan ini ada pagelaran drama wayang Ramayana yang katanya epic (tapi agak mahal terus adanya seminggu cuma 1-2 kali), namun karena keterbatasan waktu, gue belom bisa liat pagelaran itu, mungkin lain kali klo pas gue berkunjung ke sini kali ya.. Gue sendiri masih penasaran dengan candi-candi yang ada di tempat lain, baik dalam (Borobudur, Arjuna, dll) maupun luar negri (Angkor Wat misal), yang belum pernah gue datengin, nah candi mana lagi yang bakal gue datengin? Kemana ya? kemana aja boleh..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro