July 2017: Running Month

Yew, kali ini gue mengisi waktu lowong a.k.a libur a.k.a senggang dengan sesuatu yang menyehatkan. Apakah sesuatu itu? Sesuai dengan judul, di Juli 2017 ini gue mengisi waktu dengan berlari (termasuk lari dari kenyataan). Seumur-umur gue baru pernah ikutan event lari sekali doank.. Dan itupun dapet limpahan racepack dari kantor adek gue, klo gak salah event BCA Electro Run yang pertama kali.. Dah lama bener tuh.. Nah bulan Juli tahun ini, gue coba untuk ikut 2 event lari, yang pertama UI Half Marathon dan yang kedua Milo Jakarta International 10K, berikut ceritanya..

5k Finishers at UI Half Marathon 2017

Anak-anak manis

MiloJI10k Finisher


UI Half Marathon

Ini adalah ajakan dari temen-temen gank lari Sastra Prancis '04 (klo kata si Danu 'jamaah runningiyah'), tapi yang pertama ngajak n semangat 45 sih si empunya blog ini. Gue kaya barter sama Tijo (empunya blog tadi), gue ikut event lari UI Half Marathon, dia ikut group trip Tyrolean+ViaFerrata di Gunung Parang. Gue, Danu, Tijo dan Ayie confirmed untuk ikutan event lari yang diselenggarakan ILUNI-UI ini, tungitung menyumbang dana pendidikan buat mantan kampus tercinta (emang kegiatan ini dirancang buat pengumpulan dana pendidikan UI). Persiapan 2 minggu kita latihan bareng pas weekend dan menjelang hari H, kami ambil racepack. Kami berempat sepakat buat pake kaos customized yang udah  dipesan sebelumnya, cuma karena bahannya katun, pas hari H gw n Danu akhirnya pake jersey yang ada di dalam racepack yang disediakan sama EO, sedangkan Ayie dan Tijo pake baju lari singmasing. Nah kan ceritanya kita pengen rada eyecatching (baca: edan) dibanding peserta lain, maka kami sepakat setelah lari, kita ganti baju pake kaos customized itu, ya sekalian buat poto bareng. Hari H pun tiba, kami berempat ketemu di meeting point dekat start-finish point sekitar pukul 5 pagi dan bersiap, waktu sudah menunjukan pukul 6 pagi dan kategori 5k pun dimulai. Karena pas lari ini gue belum sepenuhnya sembuh dari sakit, jadi gue lari sambil batuk-batuk. Buat yang larinya deket-deket gue, yang ngeliat gue batuk-batuk n ngerasa batuk gue ganggu, mohon maaf lahir batin ya.. Harap maklum belum sembuh benar, suara aja masih sedikit bindeng. Selang sekitar 35-45 menit, kamipun finish satu per satu. Dimulai gue, kemudian Danu, disusul Tijo dan akhirnya Ayie, kami semua finish. Kelar minum, kami berganti baju, poto-poto, termuter liat-liat stand yang ada, eh ada booth Trijée, gak disangka ketemu sama mbak-mbak SPG waktu di Indofest, gue tanya Danu, nyatater dia juga masih inget, si Ayie malah ngenyek 'bisa aje lu de, tangmentang cakep mbak-nya'. Skip, kayanya ceritanya malah gak penting. Kelar muter-muter, minum, istirahat, perut lapar, akhirnya kami menuju Margo City untuk mengisi perut karena hari sudah menjelang tengah hari. Jam 11 teng kami berpisah dan sayonara, sampai bertemu kembali guys!     

Wefie before start

Ciyaattt..

After finish


Victory pose

Power Rangers

Candid


Milo Jakarta International 10K

Nah klo yang 1 ini gue dapet gratisan dari temen SMP gue, Adi Nugroho, dia dari company-nya dapet 3 slot, tapi masih kosong 1, dia ngajak dan gue iyain. Karena dari company, so gak perlu rempong ambil racepack, semua sudah di bro Adi. Menjelang hari H, gak taunya si Adi cancel, bah.. Akhirnya gue janjian sama temennya Adi, bro Cosmas yang dititipin racepack di Kemang dan pas hari H pun gue berangkat bareng dia. Sekitar jam 4 udah harus bangun, siap-siap dan menuju Epicentrum Walk, tempat event berlangsung. Di race ini gue memutuskan untuk pake kutang batik made in Trijée karena kayanya lebih enak kutangan klo untuk race yang jaraknya lumayan, jersey Milo gue simpen buat ganti setelah race. Sampai TKP sekitar jam 5, kamipun segera menuju counter penitipan barang di dalam mall, antri toilet biar lega, karena bro Cosmas ada janjian dengan temannya, terus gue juga beser, bolak-balik toilet akhirnya kami berpisah dan menjelang pukul 6 gue menuju barisan garis start sembari kontak bro Cosmas buat ketemu selepas finish. Bisa ngebayangin 15.000 orang berkumpul antri buat start lari? Nah pas antri buat lari ini, sebelum race dimulai, semua orang menyanyikan Indonesia Raya, beuh, merinding dengernya, apalagi gue berada di tengah-tengah (juga termasuk) 15.000 orang itu. Race dimulai dan peserta pun mulai melewati garis start. Gue pun berlari dan lari, gak berasa liat papan info, sudah lewat km ke-5, lanjut ke-6, dan mulai km ke-7 ini kaki mulai berasa panas, mana track yang harus dilalui tanjakan Menteng, walhasil gue pun jalan, lepas tanjakan, pas turunan gue kembali berlari, lewat km ke-7, km ke-8 adanya di bawah fly over Menteng, balik arah Jl. Rasuna Said, kami harus kembali melewati track menanjak fly over arah balik, dan gue pun kembali berjalan, gak lama km ke-9 sudah nampak, lepas km-9, napas udah mulai engap.. Gue pun kembali mengombinasikan antara lari dan jalan, ehehe.. Belokan ke arah finish line sudah terlihat, gue pun meneruskan berlari dan akhirnya finish.. Yasss, gue nengok ke belakang dan lihat papan waktu, dari awal race waktu sudah berjalan sekitar 1 jam 28 menit, dengan asumsi gue di barisan D (paling belakang), dan start sekitar belasan menit setelah barisan A, ya kemungkinan catatan waktu di bawah 1 jam 20 menit, pastinya gue harus nunggu hasil resmi yang (harusnya) ada di website. Refreshment pisang dan hydration berupa air putih dan Milo disediakan untuk recovery badan setelah lari, dan gue pun bolak-balik antri Milo karena gak tau kenapa jadi inget jaman SD pas ada pembagian Milo gratis, lebih enak aja rasanya, berasa kental dan pas manisnya, gak kaya bikin sendiri or even beli kemasan kaleng atau beli di restoran-restoran, apa karena faktor gretongan? Tau deh.. Waktu hampir menunjukan pukul 10, gue dan bro Cosmas pun memutuskan untuk pulang. Bye Milo JI 10k, see you (maybe) next year..

With Cosmas the bro

Weird selfie

Always victory pose

Race result

Official photo x Unofficial time data


Double Victory


In the crowd

Sekian dulu bulan sehatnya, tapi teteup ya guys #jangankasihkendor klo untuk masalah olahraga dan kesehatan, #pertemanansehat dijaga selalu.. Demikian cerita gue, sampai ketemu lagi di ajang-ajang dan jalan-jalan menyehatkan, salam olahraga! Mau lari ke mana? Ke mana aja boleh..




Komentar

  1. Balasan
    1. klo gak ada halangan gue join Color Run jo.. msh liat agenda, mudah2an kosong..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro