Air Terjun Sri Gethuk: Miniatur Grand Canyon

Satu lagi kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Memang bukan air terjun yang bisa dikatakan tinggi ataupun besar, namun air terjun ini memiliki keunikan sendiri. Uniknya dimananya de? Monggo, disimak saja..

Jalur sungai menuju spot air terjun

View from top

Sri Gethuk Waterfall, Gn.Kidul, Yogya

Miniatur Grand Canyon

Inilah keunikan yang pertama dan ini yang langsung ada di otak gue begitu ngeliat pertama kali lokasi air terjun ini. Sebenernya bukan air terjunnya yang mirip Grand Canyon di Amrik sana, tapi jalur menuju ke spot air terjunnya. Untuk dapat menuju air terjun, kita mesti menyusuri sungai yang berada di tengah-tengah bukit. Bukit di kiri-kanan sungai memiliki kontur bebatuan yang mirip Grand Canyon dan diselingi pepohonan hijau. Ada yang bilang ‘Grand Canyon’-nya Jogja, tapi ada yang bilang juga ‘Green Canyon’-nya Jogja. Mungkin karena mirip ‘Green Canyon’ yang ada di Pangandaran, makannya dibilang ‘Green Canyon’-nya Jogja. Ya sepengalaman gue, dulu pas jaman SMA pernah ke ‘Green Canyon’ Pangandaran, emang mirip-mirip sih, cuma jujur, gue lebih suka view Air Terjun Sri Gethuk ini #subyektif. Airnya bening (pas musim kemarau sih, klo musim hujan ya ga bening), bebatuannya ca’em, dan juga air terjunnya yang berundak-undak atau bertingkat-tingkat mengalir sepanjang tahun. O iya, gue sempet tanya-tanya sama si mas-mas guide (yang gue lupa namanya siapa) kenapa namanya Sri Gethuk? Ternyata namanya diambil dari salah satu nama intrumen musik gamelan. Jadi ceritanya dulu si kuncen daerah situ dapet wangsit berupa bunyi-bunyian ‘gethuk’ (yang sebenarnya ‘kethuk’), terus dia ikutin itu suara, makin dekat-makin dekat ternyata suara itu berasal dari area aer terjun, jadilah aer terjun itu dinamain Air Terjun Sri Gethuk.

On the gethek heading to waterfall spot 

Water from the sky 

Being here is like an achievement


Naek gethek bermesin, basah-basahan, rappeling, cliff jump, berenang

Naek gethek bermesin. Nah ini bisa dibilang keunikan yang kedua. Pernah gak kalian nemuin gethek yang ada mesinnya? Nah klo belum pernah, di air terjun satu ini kalian bisa temuin tuh.. Untuk bisa ke spot air terjun, ada dua opsi, yang pertama ya ini, naek gethek bermesin ini. Yang kedua, kalian bisa susur hutan untuk menuju air terjun, kalian hanya perlu bayar tiket masuk saja tapi lumayan jalannya. Naek gethek sangat disarankan, kalian gak perlu capek-capek jalan, terus kalian bisa foto-foto di sungai yang mirip Grand Canyon itu, satu lagi yang pasti kalian bakal punya pengalaman naek gethek bermesin yang belum tentu ada di tempat-tempat lain.

Basah-basahan. Yah, masa maen ke aer terjun tapi gak basah-basahan? Gak afdol, so basah-basahan jadi agenda wajib klo kalian maen ke sini.

Rappling. Rasanya asyik, tapi gue sendiri gak bisa ngelakuin ini karena sampe sana udah sore menjelang maghrib. Jadi di Air Terjun Sri Gethuk ini kalian bisa rappling, turun dari ujung atas air terjun kemudian turun ke bawah dengan teknik rappling, ini basah-basahan plus-plus namanya, adrenaline dijamin kepacu. Next time mungkin klo balik ke sana pasti bakal gue coba rappling ini.

Cliff jump. Nah ini juga jadi agenda wajib buat kalian yang doyan olahraga pemacu adrenaline pas maen ke sini. Tapi inget ya guys, safety first, tetap utamakan keselamatan. Life vest wajib dipake, terus lompatlah sesuai instruksi dari guide, dan juga jangan cari spot aneh-aneh karena bisa membahayakan diri.

Berenang. Jadi paketan wisata di Air Terjun Sri Gethuk ini ada beberapa. Yang pertama kalian cuma maen ke aer terjun (hanya bayar tiket masuk, jalan kaki menuju air terjun lewat hutan), yang kedua maen ke aer terjun dengan naek gethek PP (bayar tiket masuk plus biaya naek gethek), yang ketiga maen ke aer terjun dan berenang (naek gethek menuju spot aer terjun tapi baliknya berenang, nah yang harus dibayar HTM+biaya naek gethek+sewa life vest dan guide) dan yang terakhir yang paling mahal ya paket rappling. Gue sendiri ambil paket maen aer terjun dan berenang.

Cliff Jump - Scene 1

Cliff Jump - Scene 2

Cliff Jump - Scene 3

The crowd

Front of waterfall

Poto bareng mas-mas guide

This is Indonesia


Sekian dulu cerita gue di Air Terjun Sri Gethuk si miniatur ‘Grand Canyon’. Buat kalian yang penasaran, cuss aja luangin waktu, booking tiket, pack your bag and go there.. Mau kemana lagi ya? mau kemana aja boleh..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro