Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Yang satu ini adalah sebuah taman yang super seru (beneran seru, sumpah gue gak bo'ong) yang ada di dalam kompleks Jatim Park 2, Batu, Malang, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, taman yang satu ini didominasi dengan hijaunya pepohonan dan rerumputan, jadi udah pasti adem. O iya, ga cuma ‘green’ aja, tapi ‘eco’ juga. Lebih lanjut, nyok ah disimak aja..

Pelang Eco Green Park

Masuk bareng rombongan suster

Made from used plastic cup


Taman Burung

Di Eco Green Park ini ada taman burungnya, sebenernya lebih ke unggas sih soale lo gak cuma ketemu burung-burungan, lo bakal ketemu ayam-ayaman dan juga bebek-bebekan (lho, berarti maenan semua dunk?). Burung/ayam/bebek kecil sampe yang gede, dari yang bisa terbang ataupun enggak, juga dari yang berasal dari dalam negeri sampe luar negeri. Klo uda sampe sini, sayang rasanya klo lo gak foto bareng burung-burung, ayam-ayam atau bebek-bebek yang cantik-cantik.

Flamengos

burung gak suka terbang

Jurus Bangau

On the wood track

Peacocks

Peacock and its keeper

Ostriches

Biasanya di botol kecap

Posenya mirip di pelangnya


World of Parrot

Nih ayam gede banget

Di marih merpati/dara terbang bebas


Bebek

Get a pic with parrots

Angsa BW


Wahana Permainan

Gak terlalu banyak sih wahana permainan yang ada di sini, namun bisa dibilang cukup memuaskan dan menurut gue, wahana permainan di sini konsepnya ya ‘eco green’. Gue kasih contoh dua wahana permainan yang ada ya.. Yang pertama ada Jungle Adventure, di sini kita diajak buat bertualang ala-ala Indiana Jones gitu. Jadi nanti kita dibawa keliling hutan mini dengan menumpang mobil, dimana di hutan itu akan muncul beberapa obyek (bisa replika manusia ataupun hewan buas) yang wajib kita tembak dengan senjata kita. Kita dibekali laser untuk menembak sasaran, nah apabila kita lebih dulu berhasil membidik dan menembak sasaran, maka akan ada poin yang bisa kita lihat langsung di sebelah tempat duduk kita. Nah, ni agak-agak susah sebenarnya buat nembak sasaran, kenapa? Karena LED yang ada di obyek tembak itu kecit (kecil banget) dan kita harus mengarahakan tembakan ke sana, di sisi lain mobil terus berjalan, bisa dipastikan agak gak stabil alias goyang ketika lo memidik sasaran. Karena wahana ini berenergi listrik (rendah), maka dapat disimpulkan wahana ini hemat energi. Nah yang kedua itu wahana air yang bisa menyanyi, apa tuh maksudnya? Jadi di sini kita akan di suguhkan dengan kolam air dengan konstruksi mekaniknya yang mempesona di tengahnya. Jadi di sini kita cukup mengangkat senjata (pistol air) yang adanya di 4 sisi pinggir kolam, dan mengarahkan air ke tengah-tengah konstruksi mekanik itu. Masing-masing konstruksi tersebut saling berhubungan dan sambung menyambung sehingga nantinya akan menghasilkan nada-nada. Karena konstruksinya yang dibangun sifatnya mekanis, maka wahana ini bisa dibilang hampir tidak menggunakan energi untuk menjalankannya.

Plaza Music

Just shoot

Ajaib itu ketika air bermain musik

Bisa main sama ikan warna-warni

Ulat bersaudara

3D effect (gak gitu kliatan sih..)

Jungle Adventure

Uda mirip belom?

Halang rintang

Rumah kaca

Unvirtual Angry Birds

Rumah Terbalik


Edukasi

Hampir di setiap spot yang ada di sini menampilkan sejumlah informasi yang bersifat edukatif. Pada kandang burung misalnya, pasti ada papan yang menceritakan mengenai burung tersebut mulai dari nama latin, asal, sifat serta karakter burung-burung tersebut. Di sini juga banyak ditemui quotes yang berisi ajakan untuk ‘go green’ dan ‘think eco’. Terus di sini ada toilet, kompor yang lampu/apinya dihasilkan dari proses pengolahan kotoran sapi. Di situ kita bisa tanya-tanya sama yang jaga, bahkan bisa praktik (nyalain kompor atau lo pake tuh toilet). Bahkan gue di sini bisa nemu instalasi gajah yang dibangun dari barang-barang bekas, keren coy..

Bamboo house roof

Inside of Bamboo House

Praying Mantis

Save our live

The butterflies

Green = Breath

Cows

Goats

Educative

Main track

Fish spa for free

Biggest recycled remote control

Buat kalian yang punya rencana liburan, sama temen atau sama keluarga, terus belum pernah ke sini, coba deh main ke sini. Batu masih kota yang bersahabat kok baik dari segi cuaca, atmosfer, orang-orangnya dan juga harga-harga. Selain Eco Green Park ini, di sana masih banyak tempat wisata yang bisa kalian explore.. So buy a transportation ticket, grab your bag and go.. Mau kemana? mau kemana aja boleh..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro