Dieng Culture Festival VII 2016 | Day 1

Kali ini gue bakal nulis dengan pola yang beda. Biasanya gue mengulas satu atau beberapa tempat dalam satu tulisan, kali ini gue bakal ngebahasnya dengan menggunakan pola kronologi a.k.a waktu. Yang mau gue bahas di tulisan gue kali ini adalah suatu festival yang lumayan besar yang mengambil tempat di tengah Pulau Jawa. Dieng Culture Festival.

Muka bahagia tim kereta nemu MSG

DCF VII 2016

Tim mbus siap berangkat

Tahun 2016 merupakan ketujuh kalinya acara ini diselenggarakan. Nah, gue sendiri gak terlalu banyak cari tahu apa itu Dieng Culture Festival, so gue cuma liat itinerary yang ada, ooo acaranya begini ooo acaranya begitu.. Gue berangkat ke acara ini bareng temen-temen kuliah S1 sejurusan n seangkatan. Sebenarnya rombongan kami ada 7 orang plus 2 orang adik dari salah 2 teman kami, jadi total 9 orang, namun karena gue, Danu, Tya n Wiena confirmed buat berangkatnya injury time jadi kami berempat gak bisa gabung dengan Tijo n adeknya (Ratna), Ayie n adeknya (Meida) n Dyah. Lima orang dari kami masuk ke kloter/tim bus, sedangkan empat orang (termasuk gue) masuk kloter/tim kereta. Karena kami menggunakan TO (trip operator) yang berbeda, itinerary-nya pun beda kecuali memang acara yang terkonsentrasi pada satu tempat. Katanya sih, penyelenggaraan tahun 2016 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu, katanya, iya katanya karena gue dapet info dari orang-orang yang liwat yang gue ajak ngobrol, acara ini cuma berlangsung selama 1-2 hari saja, namun tahun ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Nah, daripada ngalor ngidul, entar disamperin Nyi Roro Kidul, mending langsung aja gue ceritain mengenai Dieng Culture Festival VII 2016 sesuai dengan itinerary kloter/tim kereta (yang diatur oleh TO kami, ngetripmulu.com).

Gardu Pandang (D/Tieng)

Gak ngerti sebenarnya namanya Gardu Pandang Dieng atau Tieng, soale klo di virtual yang keluar nama Dieng tapi klo liat pelangnya di sana tulisannya Tieng. Whatever itu, intinya tempat ini emang hotspot buat memandang sebuah dataran tinggi yang cakep banget. Foto landscape wajib lo lakuin di sini, buat yang doyan selfie sok atuh selfie-an dah dengan background yang ajib.. Gue sendiri gak cuma foto landscape or selfie, gue juga coba foto candid yang hasilnya ternyata gak kalah ciamik.

We are 1789 m above sea level

The glorious landscape

Dadah-dadah sama drone


Parkiran penuh bus

Candid model

Italy  |  South Korea  |  Wonosobo


Telaga Warna

Salah satu spot yang amat populer di kawasan Dieng. Ya mungkin bisa dibilang gak sah klo kalian udah ke Dieng tapi gak check in ke tempat satu ini. Telaga ini memang unik, dari namanya pasti udah keliatan uniknya. Hooh, emang telaga satu ini memiliki beberapa warna. Warnanya bisa berubah-ubah dari ijo tosca, biru, kekuningan, sampai hitam tergantung kandungan asam belerang dan juga sinar matahari yang mengenai telaga. Sayangnya pas kami ke sini, kok cuaca agak kurang mendukung alias mendung. Susah dapet gambar oke tapi kami tetep usaha. Di sini sayangnya Wiena lagi gak mood jalan so sembari doi ngopi, gue, Danu n Tya plus teman satu homestay kami, Mbak Ninik ambil gambar telaga, crowd yang ada, wefie, sampe wildlife yang ada di telaga (emang wildlife apa? ya emang cuma bebek sih, tapi justru gue takjub dengan bebek-bebek yang dengan tenangnya berenang di telaga padahal kan mengandung asam belerang aktif, tapi gue gak nyesel motret bebek karena gue dapet gambar oke, warna dari telaga malah keliatan).

Vegetasi

Lanskap Telaga Warna

Colors from above


Misty

Captured while capturing

Wildlife


Wefie: Mbak Ninik - Tya - Danu - me

ABG TUA: Yang Penting Happy

Three in candid


Bukit Scooter

Sunset time.. Saatnya mengejar matahari yang sebentar lagi tenggelam. Ini bukit sebenarnya pendek, tapi beuh jalannya miring terus lurus pula, jadinya lumayan ngures tenaga buat nanjaknya. Gak sedikit dari rombongan yang nyerah karena terjalnya medan menuju bukit. Kami juga bukannya gak cape, lumayan emang naiknya, ya istirahat sejenak ambil napas di tengah perjalanan ke bukit ada efeknya juga. Dan kurang lebih sama dengan situasi di Telaga Warna, terlalu banyak awan, jadi gak dapet sunset, tapi jangan salah, biar gak dapet sunset tapi horizon di sini cukup amazing. Di sini gak cuma berawan, tapi berangin juga, siap-siap sarung tangan, hoodie biar gak kedinginan karena angin. Gue sebenernya mau ajak Danu buat hunting blue hours (after sunset time/golden hours), tapi karena TO udah memanggil ditambah angin di atas sana yang beneran bikin menggigil ya udah lah, turun aja..

Mari nanjak..

Harvest everywhere

Dieng from above

Breathtaking landscape

This is INDONESIA

No stunning sunset but horizon

Sekali-kali potograper amatir dipoto

Friendship on top

Dieng comodity: potatoes

Jazz Atas Awan Day 1

Namanya catchy ya? Iya, karena memang pegelaran musik jazz satu ini digelar di Dieng, Negeri Atas Awan *azeek. Yup, ketinggian dataran tinggi Dieng yang mencapai 2.000-an mdpl membuatnya dijuluki Negeri Atas Awan. Emang sesuai dengan kenyataan bahwa di Dieng kita bisa melihat awan sejajar atau malah di bawah posisi kita. Nah selain Jazz Atas Awan ada juga yang bilang (gue rasa masyarakat lokal) Jazz Kemulan Sarung, ya karena kondisi tempatnya yang mengharuskan kita kemulan (kemulan tuh bahasa Jawa, kira-kira Bahasa Indonesianya bergumul kali yak..), ya mungkin karena menjaga kearifan lokal, jadi kemulannya pake sarung (ngarang aja sih gue). Menikmati musik jazz dari musisi jazz daerah sekitar jadi pengalaman baru buat gue, dan percaya gue, skill mereka gak kalah lho dengan musisi jazz yang udah terkenal. O iya, nambahin aja, ini Jazz Atas Awan keempat, kalo DCF sudah berjalan tujuh kali, Jazz Atas Awan baru empat kali.

Performers

The crowd

Nice stage right?


Purple-ing

We are complete 9

See the singer? Yup, it was under 10°C

Nah, hari sudah larut, mari siapkan badan dan kaki buat trekking esok hari demi mengejar sunrise di BukitSikunir. To be continued.. See ya in DCF VII 2016 – Day 2.. Keep update on maukemanaajaboleh







Komentar

  1. Akhirnya artikelnya published juga. Nice work, de ! Where to next??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks @Tikachu.. Lanjut day 2 n day 3 dulu Jo, gue coba masukin all experiences, semoga yg kurang dari acara (sepertinya akan masuk di Day 2) juga bisa diliat sama panitia (baik TO yg kmrn gue n anak2 pake, maupun panitia DCF) utk perbaikan ke depan.. Next, still have no plan, we'll see..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro