Kiluan: Atraksi lumba-lumba di selatan Bumi Andalas

Mamalia pintar satu ini memang terkenal cerdas. Karena itu gak heran kalo lumba-lumba ini adalah satu spesies yang muncul dalm pertunjukan atraksi hewan. Nah klo lo pernah nonton atraksi lumba-lumba di gelanggang/sirkus/kebun binatang, pengen gak nonton lumba-lumba di alam bebas, di habitat aselinya. Di Indonesia mungkin ada beberapa spot untuk ngeliat lumba-lumba. Gue sendiri baru beberapa tahun ke belakang denger yang namanya Teluk Kiluan. Namanya gak lebih popular dibanding Pantai Lovina, Singaraja, Bali yang memang terkenal sebagai spot buat hunting lumba-lumba (maksudnya hunting di sini bukan berburu buat dimakan/diambil bagian tubuhnya macam berburu di hutan ya genks, hunting di sini maksudnya hunting buat nonton lumba-lumba liar).

Sunrise at Kiluan Bay

Heading to Kiluan Bay

The coral and the sea


Lampung, good spot for Jakartan’s short escape

Yap, bumi Andalas.. Sebagai salah satu pulau utama di Indonesia, Sumatera atau Andalas memiliki sejuta pesona. Klo lo berdomisili di Jakarta dan butuh short escape, gak ada salahnya lo maen ke daerah Lampung, bagian paling selatan bumi Andalas, yang bisa ditempuh hanya beberapa jam dari Jakarta. Nah ternyata Lampung juga menyimpan banyak kekayaan pemandangan alam yang bisa bikin lo amazed. Nah klo lo nyebrang Selat Sunda lewat tengah malem, setelah subuh, lo musti keluar ke dek kapal buat liat sunrise. Laut yang jernih dan spot snorkeling juga jadi daya tarik Lampung. Kebetulan dalam trip ini gue ikutan open trip so gue dapet temen-temen sekaligus pengalaman baru. Oleh-oleh dari Kiluan gak sebatas memori, gambar dan juga temen baru, tapi gue juga dapet kulit over tanning yang cenderung kebakar sampe ngeletek-ngeletek nan perih macam ganti kulit  gitu, saran gue klo kalian ke pesisir Lampung, bawa sun block yang bagus dan jangan sok-sok-an berjemur atau kalian bakal ngerasain apa yang gue rasain (rasain looo... *lho??).

Sunrise at Ferry

Beach at Kiluan

Ini berempat macam F4 aja?? hahaha..


Main attraction in Kiluan

Si hitam, hey.. dari laut Jawa.. Kalian tau sepenggal lirik lagu itu? Klo kalian tau, bisa dipastikan kalian dibesarkan di era 90an. Yap, lagu Bondan Prakoso ini menceritakan tentang lumba-lumba. Nah ini adalah atraksi utama di Teluk Kiluan, apalagi kalau bukan lumba-lumba. Sebelum ke Kiluan ini, sebenernya gue uda pernah hunting lumba-lumba di Lovina, tapi gue kaget ternyata Kiluan ini (menurut gue) lebih amazing. Yang pertama, letaknya yang bener-bener di tengah lautan (gak keliatan daratan/garis pantai kaya di Lovina). Kedua, ini pas mau jalan hunting udah kaya perang, kapal-kapal kecil (klo di Bali sih nyebutnya Jukung) seliweran. Dan yang paling epic, yaitu jumlah lumba-lumbanya yang berkali-kali lipat dari Lovina (emang konon katanya Kiluan ini jalur migrasi lumba-lumba). Biarpun begitu, untuk nge-capture lumba-lumba ini perlu effort dan peralatan yang mendukung, gue sendiri gak dapet gambar yang keren untuk urusan poto, tapi klo video, wah beneran gokil.

The Jukung

This is Kiluan!!

Can you spot a dolphin?

Berenang-berenang broh..

Let's make some friends

Sunset at Kiluan


Laguna

Nah di Kiluan ini, selain lo bisa liat lumba-lumba, lo juga bisa nikmatin sebuah laguna yang ada di pinggir laut. Butuh effort yang lumayan ngures tenaga untuk menuju laguna ini (hiking kecil lewat perkebunan, susur pantai berkarang sampe meniti kayu gantung di tepi tebing karang). Tapi itu gak bakal sia-sia klo lo uda sampe di laguna. Gue sendiri gak nyemplung pas uda sampe laguna, karena kulit gue uda terasa kebakar matahari (over tanned), so gue cuma nikmatin view yang ada dan ambil beberapa gambar.

Kame hame haaaaa... 

Extreme way to Laguna

The Laguna

Buat lo traveler and adventurer sejati, sebelom lo mati, lo harus ke Kiluan buat hunting lumba-lumba liar di alam bebas. Kiluan ini menurut gue destinasi wajib buat kalian traveler dan adventurer sejati. Nah kira-kira tempat mana lagi yang wajib dikunjungi buat elo-elo para traveler and adventurer sejati? Mau kemana? mau kemana aja boleh..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro