Kalibiru yang seru

Kalibiru...hhmmm, kira-kira apa yang ada di pikiran kalian kalau mendengar ‘Kalibiru’??apa ada kali yang airnya biru? (emang laut??) atau kali yang punya bebatuan biru? (batu akik kali!!..). Kalibiru yang gue kamsud di sini adalah sebuah daerah di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kalibiru berada pada ketinggian 450 Mdpl, karena letaknya yang cukup tinggi inilah (jangan dibandingkan dengan dataran tinggi apalagi gunung ya guys...) kita dapat melihat view yang cukup membuat orang bilang WOW! Yap, dari Kalibiru inilah kita dapat melihat Waduk Sermo (ini waduk udah terkenal dari dulu seantero Jogja, jangan ngaku orang Jogja klo ga pernah denger ‘Sermo’ #nge-judgeseenakjidat). Siap-siap napas sedikit lebih panjang, karena untuk naik ke taman wisata Kalibiru, kalian harus jalan kaki melewati tanjakan yang tidak begitu panjang namun cukup curam (menurut gue lho.. #subjektif). Tapi tenang bro sis, pemandangan yang bisa dilihat dari atas akan membayar energi yang kalian keluarkan.

The view

Bagaimana ke sana?

Untuk bisa ke Kalibiru nampaknya diharuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena memang tidak ada angkutan khusus/transportasi umum yang bisa membawa kita ke sana. Dari kota Jogja tidaklah sulit untuk menemukan lokasi ini, kalian tinggal mengikuti jalan antar provinsi ke arah Purworejo, tapi jangan sampai kebablasan sampai Purworejo juga. Terus dari jalan antar provinsi itu, nanti kita akan belok ke kanan, patokannya adalah lampu merah dan palang pintu kereta api (pokoknya deket stasiun sama pasar gitu dech... #makingakjelas). Di situ kita sudah berada pada jalan yang benar menuju Kalibiru, akses jalan to the spot sebenarnya ada banyak (bisa via Waduk Sermo, via punggung bukit atau via kawasan hutan), namun kita harus sering-sering bertanya kepada penduduk sekitar karena petunjuk jalan masih sangat terbatas. Nah, berhubung gue juga kagak hapal jalan, saran gue untuk menuju ke sini, kalian lebih baik menggunakan GPS mixed sering-sering tanya. Waktu yang dibutuhkan dari kota Jogja menuju Kalibiru ini sekitar 1,5 – 2 jam (ga berlaku buat pembalap atau kalian yang alon-alon asal kelakon ala siput). 

Waduk Sermo

Bisa apa saja di Kalibiru?

Terserah kalian aja dah mau ngapain di sana!! Hahaha, kiddin men.. Biasanya orang-orang ke Kalibiru tujuannya satu, foto di atas pohon dengan background hutan dan waduk yang beratapkan langit. Emang sih epic gituh..tapi perlu kalian tahu, kegiatan yang bisa dilakuin di Kalibiru gak cuma foto itu aja, di sana juga disediakan fasilitas outbond (flying fox, hanging bridge, walking on a robe, dll) dan sumpeeeeh (demi apa? demi apa aja dah..) harganya murah (ya klo untuk ukuran kota-kota besar sih), secara Jogja gitu loh.. Selain itu di sana juga ada pondokan yang bisa disewa, jadi bisa juga buat nginep, gathering, dan sebagainya. Di sana juga ada warung-warung di pinggir bukit/jurang jadi kalian bisa menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan sekitar juga (kebayang kan asyiknya?) 

Seruuuu!! 

Mupeng? sebelah gue itu bukan cewe gue kok..haha


Nah setelah melihat posting-an gue di atas, gimana pendapat kalian? Seru kaaannn?Bener banget, Kalibiru ini memang seru. Mengakhiri tulisan Kalibiru yang seru ini, saya ucapkan salam traveler!! Setelah ini mau kemana lagi ya?? mau kemana aja boleh...  






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro