Pantai Jogan dan Pantai Siung

Mungkin kedengaran asing ya kedua nama tersebut. Emang kedua pantai ini diimpor dari luar negeri (lho?? kaga lah, tangmentang asing), pantai-pantai ini emang belum populer di antara traveler. Mungkin hanya sebagian kecil dan rata-rata traveler  lokal Jogja yang udah pernah denger nama-nama ini, karena emang letaknya yang terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Kidul beberapa tahun ini (mulai 2010) sedang naik daun, banyak spot wisata yang bagus di sana mulai dari goa, gunung purba, embung (waduk mini) sampai pantai-pantai yang ciamik. Nah kita lihat langsung aja, apa aja yang bisa dieksplor di pantai-pantai ini. Untuk menuju ke pantai-pantai ini, dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra, karena lama perjalanan yang harus kalian tempuh sekitar 3-4 jam dari Kota Jogja (cukup dekat kan??ahaha).

Jogan

Jogan, gue nebak ini asal katanya dari bahasa Jawa ‘jog’ yang berarti tuang (ga tau bener apa gak sih, ehehe..). Pantai ini terletak di daerah Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Daerah Tepus ini emang dikenal dengan pantai-pantai barunya yang indah karena masih belum banyak pengunjung, berbeda dengan kawasan pantai Indrayanti, Kukup, Baron dan sekitarnya jika libur panjang, dapat dipastikan terdapat kemacetan yang cukup parah. Jogan ini sebenarnya pantai kecil, untuk menginjakkan kaki di pasirnya, kita harus menuruni gugusan karang yang licin (harus ekstra hati-hati gan..). Tapi yang membuat unik bukan pantainya itu sendiri, melainkan air terjun yang airnya berhilir di pantai tersebut. Nah, balik ke awal soal nama, mungkin karena air terjun mini yang seperti air yang tertuang ke laut itulah pantai ini dinamakan Jogan. 

Jogan, hidden beach with waterfall

I'm free (ala Syahroni, weeek..)

Nice candid



Siung

Waktu gue ke sini, udah agak gelap, damn... I missed sunset.. But it’s ok, gue ga tau juga sunset di sini bagus/gak? Ini pantai emang spot buat sunset/bukan? Yang pasti pantai ini lebih besar daripada pantai Jogan dan memang merupakan pantai utama. Pantai ini mungkin memiki garis pantai sekitar 1 – 1,5 km (sepengelihatan dan kira-kiranya gue sih, klo mau lebih yakin silakan ukur sendiri pake meteran atau lo lari dari ujung ke ujung sambil nyalain distance metering or GPS di hape). Di pantai ini terdapat bukit karang yang besar, ya mungkin aja dinamain Siung karena karang itu bentuknya siung (macam bawang gitu), tapi ya gak ngerti juga dech, ini gue cuma pake ilmu asbak (asal tebak) bin asbun (asal bunyi), ehehe..piss.. Di pantai ini terdapat pondokan-pondokan yang bisa disewa untuk bermalam dan juga bisa untuk nge-camp (biasanya anak-anak muda atau mahasiswa nih, yang duitnya pas-pasan kayak gue). Saran gue klo lo maen ke pantai-pantai daerah Tepus ini musti pagi-pagi berangkat dan enak nginep, soale lepas jam 6 sore, jalan ke arah kota Wonosari itu super gelap, jalannya berkelak-kelok, ga ada petunjuk jalan (ini apa gue yang rabun ayam ya??). Intinya klo mau nikmatin, pergi dan pulang harus di saat yang terang, supaya perjalanan juga enak. Walaupun ke sana sudah agak gelap, gue berhasil capture beberapa gambar pantai yang cukup ciamik, let’s see.. 

Ujung Timur

Ujung Barat



Two thumbs for Siung beach

Salam mau kemana aja boleh..





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Maria Sendang Retno Adi

Think Eco! Go Green! at Eco Green Park

Cabaret Show at Mirota/Hamzah Batik - Malioboro